Tips Persiapan Persalinan agar Anda Lebih Tenang

Meskipun wanita memiliki waktu selama 9 bulan untuk persiapan persalinan, namun ketika waktunya tiba tal jarang mereka merasa panik dan cemas. Memang persiapan fisik tak cukup untuk melahirkan anak. Seorang ibu juga harus memiliki mental yang kuat menjelang persalinan. Nah berikut merupakan beberapa tips agar Anda lebih tenang menghadapi proses persalinan.

Memilih Bidan atau Dokter yang Terpercaya

Hal pertama yang perlu diperhatikan agar Anda lebih merasa tenang selama persalinan adalah dengan memilih dokter yang tepat. Pastikan bahwa dokter yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik. Dengan begitu Anda akan lebih percaya dengan kata-kata dokter tersebut. Sangat penting juga bagi Anda untuk memiliki pemikiran yang sama terhadap dokter atau bidan tersebut.

Memiliki Rencana yang Fleksibel

Mendekati persalinan, semua persiapan persalinan yang Anda susun bersama suami dan dokter kandungan bisa saja buyar. Namun bukan berarti hal tersebut selalu berdampak buruk. Perubahan rencana memang merupakan hal yang normal selama proses persalinan. Oleh sebab itu pastikan Anda memiliki rencana yang fleksibel untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengarkan Tubuh dan Bayi Anda

Pada umumnya proses persalinan itu dapat dikendalikan oleh bayi dan tubuh Anda sendiri. Percayalah bawah janin dalam kandungan dan tubuh Anda memiliki cara khusus untuk bekerja sama. Oleh sebab itu, Anda harus belajar dengan baik-baik untuk mendengarkan tubuh dan bayi Anda sejak awal masa kehamilan.

Melakukan Relaksasi

Bagi sebagian wanita hamil, rasa takut dan cemas yang muncul dapat menjadi salah satu hal yang membebani. Apabila hal ini juga terjadi pada Anda, lakukanlah teknik relaksasi. Pejamkan mata Anda kemudian pikirkan bahwa Anda sedang berada di suatu tempat yang dapat membuat Anda merasa damai dan tenang. Sambil memikirkan hal tersebut, aturlah napas sedalam mungkin.

Memahami Rasa Sakit Selama Proses Persalinan

Apabila Anda takut menjalani proses persalinan karena tidak tahan dengan rasa sakitnya, maka ubahlah pola pikir Anda. Pahami bahwa rasa sakit yang akan Anda rasakan tidak sebanding dengan rasa sakit ketika Anda terluka. Pahami bahwa rasa sakit tersebut justru dapat membantu bayi Anda agar terlahir ke dunia. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa panik dan cemas yang muncul.

Mencari Dukungan dari Keluarga dan Orang Terdekat

Wanita hamil yang dikelilingi oleh keluarga dan orang terdekat cenderung akan lebih percaya diri dan optimis selama menghadapi proses persalinan. Tak perlu ragu dan malu mengatakan bahwa Anda takut melahirkan. Selain itu, Anda juga harus membatasi diri agar tidak mendengarkan cerita-cerita yang menakutkan seputar proses persalinan.

Nah, di atas merupakan beberapa persiapan persalinan yang bisa Anda lakukan agar lebih tenang. Pastikan Anda memperhatikan hal di atas agar Anda lebih tenang menghadapi proses persalinan. Jangan lupa untuk meminta dukungan dari orang-orang terdekat Anda.